Berkas Untuk Melamar Kerja yang Harus Dipersiapkan Job Seeker
Berkas Untuk Melamar Kerja – Saat melihat sebuah lowongan
pekerjaan, akan tertulis beberapa dokumen yang diminta perusahaan untuk pelamar
kerja. Setiap posisi dan perusahaan biasanya akan memberikan persyaratan yang
berbeda-beda.
Nah, jika Anda adalah seorang job
seeker yang sedang atau mencari pekerjaan maka tak ada salahnya jika
mempersiapkan dokumen lamaran yang biasa diminta oleh perusahaan. Sehingga saat
Anda mendapatkan lowongan kerja, berkas tersebut bisa langsung dikirim dengan
cepat.
Namun, apa saja sih berkas untuk
melamar kerja yang harus dipersiapkan? Yuk simak artikel berikut ini!
CV atau Curriculum Vitae
Curriculum Vitae atau daftar
riwayat hidup merupakan dokumen yang berisikan data diri, pengalaman kerja, riwayat
pendidikan serta informasi lain untuk melamar kerja. Bisanya, perusahaan akan meminta
CV dalam berkas lamaran karena fungsinya yaitu sebagai gambaran mengenai
keterampilan yang Anda miliki.
Jika Anda baru saja lulus maka
bisa mencantumkan pengalaman magang, volunteer, atau organisasi pada CV yang
dibuat. Saat ini banyak perusahaan yang menggunakan ATS atau Applicant Tracking
System untuk melakukan screening CV calon pegawai.
Ijazah dan Transkrip Nilai
Biasanya ijazah dan transkrip
nilai menjadi salah satu berkas yang akan diminta oleh perusahaan sebagai
pembuktian bahwa Anda melakukan pendidikan formal sesuai dengan apa yang
disebutkan dalam CV. Namun tidak semua perusahaan akan meminta ijazah untuk
melamar pekerjaan.
Melampirkan ijazah ini hanya
berupa fotokopi transkrip nilai terakhir dan jangan melampirkan ijazah asli.
Selain itu jangan lupa untuk menambahkan watermark pada transkrip nilai yang
Anda kirim untuk menghindari pengguna yang tidak bertanggung jawab,
Surat Lamaran Kerja (Cover Letter)
Surat lamaran kerja berisikan perkenalan
singkat mengenai diri Anda dan alasan Anda tertarik untuk melamar pada posisi
tersebut. Melalui Surat lamaran kerja, Anda bisa memberikan gambaran secara
singkat mengenai skill yang dimiliki, pengalaman kerja, serta alasan perekrut
harus memilih Anda.
Adapun beberapa hal yang harus
Anda cantumkan antara lain :
- Salam pembuka
- Nama lengkap dan tujuan membuat surat
- Latar belakang pendidikan
- Keterampilan sesuai posisi yang dilamar
- Pengalaman magang, kerja, atau volunteer
- Alasan melamar dengan posisi tersebut
- Kontak yang bisa dihubungi seperti email atau nomor HP aktif
- Salam penutup
- Lampiran berkas lamaran kerja
Portofolio
Untuk memperlihatkan bahwa Anda
lebih unggul dari kandidat lainnya, maka portofolio menjadi hal yang sangat
penting. Dalam portofolio berisikan mengenai riwayat pekerjaan, pencapaian,
serta kumpulan hasil karya di bidang tertentu.
Jika Anda sedang melamar kerja
yang berhubungan dengan copywriter, maka Anda bisa membuat portofolio dengan
mencantumkan berbagai jenis copy yang pernah dibuat. Misalnya saja copy untuk
iklan, tagline, media sosial, dan lainnya.
Untuk fresh graduate bisa
mencantumkan portofolio yang berisikan pengalaman magang atau organisasi.
Pas Foto Terbaru dan Identitas Pribadi
Tidak semua perusahaan meminta
pas foto dan indentitas pribadi. Namun, jika perusahaan memintanya maka Anda
harus memberikan pas foto terbaru yang terlihat profesional dengan foto formal
dan casual. Oleh karena itu, Anda jangan menggunakan foto asal-asalan,
Selain itu beberapa identitas
sepeti KK, KTP, atau SIM juga akan diminta oleh perusahaan sebagai berkas untuk
melamar kerja. Identitas pribadi yang diminta hanya berbentuk fotokopi dan
jangan berikan dokumen yang asli.
Itulah beberapa berkas yang harus
Anda persiapkan untuk melamar sebuah pekerjaan. Usahakan untuk melengkapi semua
berkas yang diminta oleh perusahaan agar berkas Anda diterima.
Post a Comment for "Berkas Untuk Melamar Kerja yang Harus Dipersiapkan Job Seeker"