Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berkas Untuk Melamar Kerja yang Harus Dipersiapkan Job Seeker

 


Berkas Untuk Melamar Kerja – Saat melihat sebuah lowongan pekerjaan, akan tertulis beberapa dokumen yang diminta perusahaan untuk pelamar kerja. Setiap posisi dan perusahaan biasanya akan memberikan persyaratan yang berbeda-beda.

Nah, jika Anda adalah seorang job seeker yang sedang atau mencari pekerjaan maka tak ada salahnya jika mempersiapkan dokumen lamaran yang biasa diminta oleh perusahaan. Sehingga saat Anda mendapatkan lowongan kerja, berkas tersebut bisa langsung dikirim dengan cepat.

Namun, apa saja sih berkas untuk melamar kerja yang harus dipersiapkan? Yuk simak artikel berikut ini!

CV atau Curriculum Vitae

Curriculum Vitae atau daftar riwayat hidup merupakan dokumen yang berisikan data diri, pengalaman kerja, riwayat pendidikan serta informasi lain untuk melamar kerja. Bisanya, perusahaan akan meminta CV dalam berkas lamaran karena fungsinya yaitu sebagai gambaran mengenai keterampilan yang Anda miliki.

Jika Anda baru saja lulus maka bisa mencantumkan pengalaman magang, volunteer, atau organisasi pada CV yang dibuat. Saat ini banyak perusahaan yang menggunakan ATS atau Applicant Tracking System untuk melakukan screening CV calon pegawai.

Ijazah dan Transkrip Nilai

Biasanya ijazah dan transkrip nilai menjadi salah satu berkas yang akan diminta oleh perusahaan sebagai pembuktian bahwa Anda melakukan pendidikan formal sesuai dengan apa yang disebutkan dalam CV. Namun tidak semua perusahaan akan meminta ijazah untuk melamar pekerjaan.

Melampirkan ijazah ini hanya berupa fotokopi transkrip nilai terakhir dan jangan melampirkan ijazah asli. Selain itu jangan lupa untuk menambahkan watermark pada transkrip nilai yang Anda kirim untuk menghindari pengguna yang tidak bertanggung jawab,

Surat Lamaran Kerja (Cover Letter)

Surat lamaran kerja berisikan perkenalan singkat mengenai diri Anda dan alasan Anda tertarik untuk melamar pada posisi tersebut. Melalui Surat lamaran kerja, Anda bisa memberikan gambaran secara singkat mengenai skill yang dimiliki, pengalaman kerja, serta alasan perekrut harus memilih Anda.

Adapun beberapa hal yang harus Anda cantumkan antara lain :

  1.  Salam pembuka
  2.  Nama lengkap dan tujuan membuat surat
  3. Latar belakang pendidikan
  4.  Keterampilan sesuai posisi yang dilamar
  5. Pengalaman magang, kerja, atau volunteer
  6. Alasan melamar dengan posisi tersebut
  7. Kontak yang bisa dihubungi seperti email atau nomor HP aktif
  8. Salam penutup
  9. Lampiran berkas lamaran kerja

Portofolio

Untuk memperlihatkan bahwa Anda lebih unggul dari kandidat lainnya, maka portofolio menjadi hal yang sangat penting. Dalam portofolio berisikan mengenai riwayat pekerjaan, pencapaian, serta kumpulan hasil karya di bidang tertentu.

Jika Anda sedang melamar kerja yang berhubungan dengan copywriter, maka Anda bisa membuat portofolio dengan mencantumkan berbagai jenis copy yang pernah dibuat. Misalnya saja copy untuk iklan, tagline, media sosial, dan lainnya.

Untuk fresh graduate bisa mencantumkan portofolio yang berisikan pengalaman magang atau organisasi.

Pas Foto Terbaru dan Identitas Pribadi

Tidak semua perusahaan meminta pas foto dan indentitas pribadi. Namun, jika perusahaan memintanya maka Anda harus memberikan pas foto terbaru yang terlihat profesional dengan foto formal dan casual. Oleh karena itu, Anda jangan menggunakan foto asal-asalan,

Selain itu beberapa identitas sepeti KK, KTP, atau SIM juga akan diminta oleh perusahaan sebagai berkas untuk melamar kerja. Identitas pribadi yang diminta hanya berbentuk fotokopi dan jangan berikan dokumen yang asli.

Itulah beberapa berkas yang harus Anda persiapkan untuk melamar sebuah pekerjaan. Usahakan untuk melengkapi semua berkas yang diminta oleh perusahaan agar berkas Anda diterima.

 

Post a Comment for "Berkas Untuk Melamar Kerja yang Harus Dipersiapkan Job Seeker"