Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Persyaratan Umum Melamar Kerja yang Wajib Jobseeker Ketahui

 


Persyaratan Umum Melamar Kerja – Sebagai seorang jobseeker, pasti Anda sudah melihat banyak lowongan kerja yang dibuka. Namun, apakah Anda pernah bertanya apa saja hal yang harus dipersiapkan dan dibawa saat melamar kerja?

Setiap perusahaan tentu akan meminta berbagai macam syarat yang harus dipenuhi oleh pelamar kerja. Mulai dari hal yang simple hingga banyak rentetan dokumen yang melibatkan data pribadi.

Untukmu yang masih bingung untuk menyiapkan berkas yang dibutuhkan, maka Anda datang pada artikel yang tepat. Berikut ini telah kami ulas beberapa persyaratan umum melamar kerja yang biasa diminta oleh perusahaan, antara lain :

  1.             Surat Lamaran Kerja

Bagi seorang pencari kerja, surat lamaran kerja menjadi hal yang sangat penting dan tidak boleh untuk dilewatkan. Surat lamaran kerja memaparkan mengenai maksud dan tujuanmu beserta informasi penting mengenai identitas diri.

Selain itu, fungsi dari surat lamaran kerja yaitu untuk meyakinkan tim rekrutmen untuk memanggilmu ke tahap selanjutnya.

2.       Curriculum Vitae (CV)

Curriculum vitae atau daftar riwayat hidup merupakan berkas lamaran yang terpenting setelah surat lamaran kerja. CV berisikan mengenai rincian identitas, informasi kontak, pengalaman kerja, riwayat pendidikan, sertifikat atau pelatihan, keterampilan serta keahlian yang Anda miliki.

Informasi tersebut sangat diperlukan oleh perusahaan sehingga akan selalu diminta saat Anda mengirim lamaran kerja.

3.       Portofolio

Portofolio bisa menjadikan acuan untuk tim rekrutmen menyeleksi calon pegawai baru. Jika Anda memiliki pengalaman kerja alangkah baiknya mempersiapkan portofolio dengan baik.

Susun portofolio dengan rapi, menarik, mudah untuk dibaca, dan relevan dengan posisi yang Anda lamar. Anda bisa mengisinya dengan tulisan, gambar, dan desain agar lebih menarik untuk dibaca.

4.   Ijazah dan Transkrip Nilai

Biasanya, kedua berkas ini menjadi salah satu syarat administrasi untuk melamar pekerjaan. Biasanya, perusahaan akan meminta pembuktian latar belakang pendidikan di jenjang formal seperti sekolah dan universitas.

Tidak perlu membawa dokumen aslinya, cukup dengan membawa fotokopinya dan mengirimkan pada saat melamar kerja.

5.       Pas Foto Terbaru

Tak kalah penting, pas foto terbaru merupakan dokumen yang biasanya menjadi syarat umum untuk melamar kerja. Biasanya, ukuran foto yang diminta oleh perusahaan adalah 3x4 dan 4x6.

Oleh karena itu, persiapkan foto dengan latar belakang merah atau biru sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda melamar pekerjaan secara online maka bisa menyertakan file dengan resolusi yang baik.

6.       Sertifikat dan Piagam Penghargaan

Sertifikat seperti TOEFL atau IELTS serta pendidikan informal bisa Anda sertakan untuk melengkapi berkas lamaran pekerjaan. Selain itu, piagam penghargaan dengan prestasi yang pernah diraih juga bisa Anda gunakan.

Hanya saja pastikan bahwa prestasi tersebut relevan dengan bidang yang dilamar.

7.       Identitas Pribadi

Tampak sedikit trickey, namun identitas pribadi seperti KTP atau KK (kartu keluarga) juga bisa Anda masukkan dalam surat lamaran kerja. Biasanya, perusahaan hanya akan meminta fotocopy dari masing-masing identitas.

8.       Surat Keterangan Catatan Kepolisian

Pada instansi pemerintahan, surat keterangan catatan polisi atau SKCK masih sering diminta. Oleh karena itu pastikan Anda memiliki SKCK yang masih berlaku. Jika sudah kadaluarsa maka Anda bisa memperpanjangnya di kantor kepolisian dengan syarat yang cukup mudah.

Itulah persyaratan umum melamar kerja yang biasa diminta oleh perusahaan. Biasanya meliputi sudat lamaran kerja, CV, portofolio, identitas pribadi, pas foto terbaru, ijazah, SKCK, dan sertifikat pendukung.

Demikianlah artikel ini kami buat, semoga bisa membantu Anda untuk melengkapi semua dokumen untuk melamar sebuah pekerjaan.

Post a Comment for "8 Persyaratan Umum Melamar Kerja yang Wajib Jobseeker Ketahui"