Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Surat Lamaran Kerja - Pengertian dan Fungsinya

 


Surat Lamaran Kerja – Saat Anda ingin melamar sebuah pekerjaan, surat lamaran kerja menjadi dokumen yang sangat penting dalam proses seleksi. Tanpa menggunakan surat lamaran kerja, pihak HRD dalam perusahaan tidak akan memahami tujuan Anda melamar sehingga lamaranmu akan dihiraukan.

Hal ini karena surat lamaran kerja sebagai wadah untuk menunjukkan minat pada posisi di perusahaan tersebut. Dengan harapan HRD akan merasa tertarik dan meminta Anda untuk melakukan tes selanjutnya.

Nah, pada artikel kali ini kami akan mengulas mengenai surat lamaran kerja yang meliputi pengertian dan juga fungsinya.

Apa Itu Surat Lamaran Kerja?

Surat lamaran kerja ialah lembar dokumen yang berisikan rangkuman kompetensi yang biasa dikirim oleh pelamar bersama dengan CV atau resume untuk melamar sebuah pekerjaan.

Biasanya, surat lamaran kerja berisikan poin perkenalan informasi dasar, keterampilan profesi, riwayat pekerjaan, minat pribadi, serta ketertarikan kepada perusahaan.

Penggunaan bahasa dalam surat lamaran kerja bisa berupa Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris. Jika perusahaan yang akan Anda lamar merupakan multinasional company, alangkah baiknya surat lamaran kerja berbahasa Inggris. Namun, jika hanya berskala internasional Anda bisa menggunakan Bahasa Indonesia saja.

Hanya saja, Anda juga harus melihat kualifikasi yang diminta oleh perusahaan. Terlebih lagi saat ini banyak perusahaan yang melihat kualitas kandidatnya berdasarkan skill bahasa inggrisnya.  

Fungsi Surat Lamaran Kerja

Salah satu fungsi dari surat lamaran kerja yaitu untuk membuatmu lebih menonjol dari kandidat yang lainnya. Selain itu, terdapat beberapa fungsi lain dari surat lamaran kerja antara lain :

  1.     Mengenal dirimu lebih baik lagi
  2.     Untuk mengetahui kepribadianmu
  3.      Mengetahui motivasi dari pelamar pekerjaan
  4.      Mencari tahu hal yang pelamar cari dari pekerjaan tersebut
  5.     Mencari tahu apakah Anda cocok dengan kultur perusahaan atau tidak

Isi Surat Lamaran Kerja

Saat menulis surat lamaran kerja, idealnya tidak lebih dari satu halaman. Dalam halaman tersebut terdapat beberapa poin penting yang harus tertulis antara lain :

  1. Informasi kontak berisikan nama lengkap, nomor telepon, alamat email, dan alamat tempat tinggal.
  2.  Bagian pembuka berisikan sapaan untuk penerima surat dengan menyebut nama seperti “Yth. Bapak/Ibu xxx”, atau “Dear Mr./Mrs. Xxx”. Tuliskan juga jabatan dari penerima surat di bawah namanya, selain itu nama perusahaan dan kota tempat beroperasi juga harus ditulis.
  3. Isi surat yang terbagi menjadi 3 bagian meliputi paragraph pembuka yang berisikan informasi tentang lowongan pekerjaan yang dilamar. Paragraph tengah yang berisikan tentang latar belakang yang Anda miliki, dan paragraph akhir yang menjelaskan soft skill yang Anda miliki.
  4. Bagian penutup berisikan ucapan terima kasih kepada penerima dan harapan untuk mendapat kesempatan bekerja dalam perusahaan tersebut. Tutup juga surat dengan ucapan “dengan hormat” atau “sincerely” pada bagian akhir surat.

Perbedaan Surat Lamaran Kerja dan CV

Secara umum CV dan surat lamaran kerja memiliki perbedaan pada isinya. Jika surat lamaran kerja berisikan penawaran dan ketertarikan Anda pada posisi yang ada pada sebuah perusahaan. Sedangkan CV berisikan informasi tentang ddiri serta pengalaman kerja serta pendukung surat lamaran kerja.

Oleh karena itulah mengapa surat lamaran kerja yang dikirim oleh pelamar wajib disertai CV. Karena antara surat lamaran kerja dan CV merupakan dua hal yang harus dilengkapi.

Demikianlah artikel mengenai surat lamaran kerja yang telah kami ulas dengan sedemikian rupa lengkap dengan pengertian dan juga fungsinya. Semoga semakin menambah wawasan Anda and see you next artikel!

Post a Comment for "Surat Lamaran Kerja - Pengertian dan Fungsinya"